logo halal baru

Tuai Polemik, Kemenag Buka Peluang Logo Halal Diubah Lagi

Berita Orbit, Jakarta-Kepala Pusat Registrasi Halal pada Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Mastuki mengungkapkan ada potensi pihaknya mengubah lagi logo halal yang baru karena menuai polemik.

“Ini masih berjalan, tentu untuk nanti diputuskan perlu diubah atau tidak, selain tadi juga mendengarkan aspirasi publik. Masih terus menampung pendapat-pendapat. Dialektika lah, biasa. Untuk memutuskan sesuatu perlu ada banyak pertimbangan. Dan aspirasi publik itu sebagai bahan pertimbangan yang nanti akan kami diskusikan lebih lanjut,” kata Mastuki pada Minggu 20 Maret 2022.
Mastuki menegaskan pihaknya tidak alergi terhadap kritik, bahkan BPJPH dikatakan sangat senang dengan keterlibatan publik yang tinggi dalam re-desain logo halal tersebut. Hal itu menunjukkan meningkatnya kesadaran masyarakat tentang produk halal.
“Sebagai kebijakan publik, kami memandang bahwa keterlibatan publik untuk mewacanakan tentang label dan seterusnya sangat positif bagi BPJPH. Itu menandakan bahwa kesadaran tentang halal itu sudah makin meningkat di masyarakat. Makanya sebagai aspirasi publik, tentu pemerintah tidak alergi terhadap masukan-masukan. Tetapi kami akan mengkajinya dan menganalisisnya lebih lanjut,” pungkasnya.
Sebelumnya, logo halal baru yang diperkenalkan oleh Kementerian Agama menuai polemik. Pertama, kata “halal” yang dibuat dalam variasi aksara Arab itu dinilai tidak terbaca dengan jelas. Selain itu, penggunaan gunungan sebagai bagian dari logo juga dinilai terlalu Jawa-sentris.
Organisasi pemantauan media sosial Drone Emprit mengungkapkan terdapat 18.888 mention mengenai kasus ini pada Minggu 13 Maret 2022 lalu. Selain itu, ada 39 tokoh yang membicarakan masalah ini dan 72 persen di antaranya menyatakan penolakannya.
Sejumlah pihak pun ikut menyarankan agar desain logo halal diubah, antara lain Majelis Ulama Indonesia, PP Muhammadiyah, partai politik, legislator sejumlah pendakwah/dai, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), hingga desainer logo.
Baca Juga  Jadwal SIM Keliling Kota Bogor Hari Ini, 5 Juli 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *