Keunikan Hari Raya Nyepi di Bali, Ini 3 Ritual yang Biasa Dilakukan Setiap Tahunnya!

Berita Orbit, Bogor – Hari Raya Nyepi merupakan hari raya yang diperingati oleh seluruh umat Hindu pada setiap tahun baru saka.

Salah satu tempat di Indonesia yang paling identik dengan perayaan Hari Raya Nyepi ini berada di Bali.

Seperti yang diketahui, sisi lain dari Pulau Dewata ini menyajikan keindahan alam serta budaya yang sangat melekat diantara kehidupan masyarakat.

Salah satu keunikan yang dimiliki adalah momen Hari Raya Nyepi yang diperingati oleh warga setempat.

Berikut 5 keunikan perayaan Nyepi yang diperingati oleh umat Hindu di Bali seperti dikutip melalui kemenparekraf.

1. Upacara Melasti

Ritual pertama untuk mengawali perayaan Nyepi di Bali adalah upacara melasti. Ritual ini bertujuan untuk menyucikan diri sebelum melaksanakan hari Nyepi yang dilakukan di sekitar Pura di dekat laut. Rangkaian upacara ini berlangsung setidaknya 3-4 hari sebelum ritual Nyepi dilaksanakan.

Baca Juga  Anak Anggota DPRD Bali Ditangkap Polisi, Diduga Jadi Pengedar Narkoba

2. Tawur Kesanga

Setelah melaksanakan ritual melasti, rangkaian Hari Raya Nyepi di Bali selanjutnya adalah Tawur Kesanga atau Mecaru yang dilaksanakan sehari sebelum perayaan. Tawur Kesangan ini identik dengan pawai festival ogoh-ogoh yang akan dibakar sebagai simbol pembersihan dari sifat buruk manusia dan dilenyapkan dalam ritual Nyepi.

3. Upacara Ngembak Geni

Pelaksanaan ritual ini kemudian dilanjutkan dengan melakukan Ngembak Geni yang dilakukan oleh masyarakat Bali untuk melakukan dharma shanti. Pada momen ini, masyarakat akan saling berkunjung ke sanak saudara sebagai penutup rangkaian Nyepi. Ritual ini menjadi pertanda untuk memulai lembaran baru dengan hati yang bersih dan suci.

Usai upacara Ngembak Geni dilakukan, para pemuda akan melakukan omed-omedan. Pada festival ini, masyarakat akan saling mencium untuk mempererat keakraban mereka sebagai umat Hindu.

Baca Juga  12 Perempuan Tewas saat Menambang Emas di Mandailing Natal, Ini kata Bupati

Itu dia 3 ritual yang menjadi salah satu keunikan pada Hari Raya Nyepi yang dirayakan setiap tahunnya di Bali. Selain menjadi lokasi yang tepat bagi wisatawan, tradisi Nyepi di Bali memang sangat kuat sehingga menjadi identitas yang melekat sebagai budaya warisan Indonesia.

Baca informasi terbaru dan berita menarik lainnya hanya di Beritaorbit.com.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *