Ibu kota baru

Ibu Kota Baru Ciptakan Pertumbuhan Ekonomi Merata

Berita Orbit, Jakarta-Pemindahan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke IKN Nusantara di Kalimantan dinilai bakal menciptakan pertumbuhan ekonomi lebih merata di seluruh wilayah Indonesia. Hal itu dikatakan oleh Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono.

Menurutnya, pemindahan itu membuat pusat kegiatan ekonomi tidak lagi bertumpu terlalu besar di Jakarta.

“Keputusan pemindahan ibu kota merupakan upaya signifikan untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi yang aman dan merata di Indonesia, dengan menggeser pusat gravitasi negara untuk kegiatan ekonomi,” ujar Bambang pada G20 Special Event, HELP, Water & Disasters di Conrad Hotel, Bali, Jumat 11 November 2022.

Bambang menyatakan, pemindahan ibu kota ke IKN Nusantara memainkan peran penting, sebab kota dan infrastrukturnya merupakan salah satu pendorong utama pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Baca Juga  Lima Jalur Masuk Perguruan Tinggi Selain UTBK dan SBMPTN 

“Pembangunan kota baru dapat berperan sebagai tulang punggung penting perekonomian lokal, regional dan nasional karena memberikan manfaat sosial dan ekonomi bagi masyarakat,” katanya.

Oleh karenanya, pemindahan ibu kota negara ke IKN Nusantara disebutnya akan mengangkat sebagian beban DKI Jakarta yang kini terlampau berat, sebagai pusat pemerintahan maupun kota industri.

“Saya juga ingin mencatat, bahwa langkah tersebut akan meringankan beban struktural berat yang dipikul oleh ibu kota Jakarta saat ini,” kata Bambang.

Menurutnya, pemindahan ibu kota akan mengangkat sebagian dari beban tersebut dan memberikan kesempatan bagi Jakarta untuk memperkuat perannya sebagai pusat keuangan.

Untuk jangka panjang, Otorita IKN telah memasang target agar IKN Nusantara tumbuh menjadi salah satu kota yang paling berkelanjutan, tidak hanya di Asia, tetapi juga di dunia.

Baca Juga  Tegas! Kapolri Minta Laporkan dan Tangkap Polisi Pungli untuk Setoran ke Atasan

“Sebagai kota yang layak huni, kami membayangkan IKN Nusantara perlu dibangun dengan memperhatikan hal-hal berikut. Ibu kota baru harus mengusung lima elemen kota modern masa depan, yaitu hijau, cerdas, inklusif, risilien, dan berkelanjutan,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *