Hepatitis akut

Cara Cegah Kematian Anak Akibat Hepatitis Misterius

Berita Orbit, Jakarta – Meski hepatitis misterius dengan gejala berat bisa menimbulkan kematian, para orangtua diharapkan tidak panik tapi namun tetap waspada.

Menurut dokter spesialis anak, Prof Dr dr Hanifah Oswari SpA(K), kematian bisa dicegah dengan menemukan gejala hepatitis misterius yang tidak diketahui pasti penyebabnya sejak awal.

“Agar kita punya waktu untuk bisa menolongnya,” kata Hanifah dalam temu media secara daring pada Kamis, 5 Mei 2022.

Hanifah menyebutkan bahwa secara umum gejala awal penyakit hepatitis misterius adalah mual, muntah, sakit perut, diare, kadang disertai demam ringan. Selanjutnya, gejala akan semakin berat seperti air kencing berwarna pekat seperti teh dan BAB berwarna gelap.

Baca Juga  Catat! Utang Indonesia Termasuk Paling Kecil di Dunia Hanya Rp 7.163 Triliun

Jika anak mengalami gejala-gejala tersebut, orangtua diminta segera memeriksakan anak ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan diagnosis awal.

Hanifah, menekankan, jangan menunggu hingga muncul gejala kuning bahkan sampai penurunan kesadaran. Sebab, kondisi tersebut menunjukkan bahwa infeksi hepatitis sudah sangat berat.

Menurut Hanifah, Jika terlambat mendapatkan penanganan medis, momentum dokter untuk menolong pasien sangat kecil.

“Bawalah anak-anak kita ke fasyankes terdekat untuk mendapatkan pertolongan dari tenaga kesehatan. Jangan menunggu sampai gejalanya lebih berat, karena kalau berat kita kehilangan momentum untuk bisa menolong lebih cepat. Apalagi kalau sampai sudah terjadi penurunan kesadaran, maka kesempatan untuk menyelematkannya sangat kecil,” katanya.

Oleh sebab itu, perlu adanya kerja sama yang solid antara orang tua, tenaga kesehatan, dan fasilitas pelayanan kesehatan agar bisa menemukan gejala hepatitis misterius sedini mungkin agar anak segera mendapatkan pertolongan medis.

Baca Juga  Hepatitis Akut di Indonesia Bertambah Jadi 14 Kasus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *