April Mop

Sejarah April Mop, Perayaan Prank Sedunia yang Diperingati Setiap Tanggal 1 April

Berita Orbit, Jakarta-Hari ini tepatnya, Jumat 1 April 2022 dikenal sebagai April Mop atau disebut juga April Fool’s Day. Pada hari ini, semua orang diberikan izin sesaat untuk melakukan kebohongan, lelucon atau berbagai jenis prank lainnya demi kesenangan.

Namun, pada akhir prank, pelaku bakal membuka kedoknya dengan berteriak keras dan bangga, “April Mop!” pada korbannya. Kepada yang terkena prank tidak boleh marah atau emosi negatif lainnya yang muncul ketika jadi korban tradisi April Mop ini, demikian kepercayaannya.

Bagi sebagian orang penyuka lelucon, April Fool’s Day adalah momen yang amat dinantikan. Namun ada yang tidak menyukainya karena harus terus khawatir atau curiga bakal menjadi korban ulah keisengan orang lain.

Baca Juga  Siap-siap LRT Jabodebek Beroperasi Juli 2023

April Mop adalah salah satu perayaan populer yang paling dikenal di seluruh dunia, tanpa memandang negara, agama dan kelas ekonomi.

Pada momen ini, anak-anak melakukan prank pada orangtuanya, atasan mengerjai bawahan atau rekan kerjanya di kantor, dan anak sekolah melakukannya pada sahabatnya.

Belakangan, sejumlah brand maupun perusahaan juga kerap melakukan prank dengan merilis produk atau kabar yang belakangan diklaim sebagai lelucon belaka.

Uniknya, tidak ada yang benar-benar memahami sejarah dan asal muasal perayaan lelucon ini. Namun beberapa sejarawan berspekulasi bahwa April Mop berawal di tahun 1582, ketika Perancis beralih dari kalender Julian ke kalender Gregorian.

Dalam Kalender Julian, seperti dalam kalender Hindu, tahun baru dimulai dengan ekuinoks musim semi sekitar 1 April.

Baca Juga  Enam Masjid di Pulau Jawa Berarsitektur Unik

Orang-orang yang lambat mendapatkan berita atau tidak menyadari bahwa awal tahun baru telah pindah ke tanggal 1 Januari dan terus merayakannya selama minggu terakhir bulan Maret.

Hal ini kemudian menjadikan tanggal 1 April sebagai lelucon di kalangan masyarakat dan disebut Aprol Fool’s Day. Prank yang kala itu dilakukan termasuk menempelkan ikan kertas di punggung mereka dan disebut sebagai “poisson d’avril” (April fish), dikatakan melambangkan ikan muda yang mudah ditangkap dan orang yang mudah tertipu.

Ada juga spekulasi bahwa April Mop terkait dengan vernal equinox, atau hari pertama musim semi di belahan bumi utara. Ketika itu, alam menipu orang-orang dengan cuaca yang berubah dan tidak dapat diprediksi.

Baca Juga  NATO : Lebih dari 7000 Tentara Rusia Tewas dalam Invasi ke Ukraina

Perayaan April Mop kemudian menyebar ke seluruh Inggris selama abad ke-18, termasuk di Skotlandia yang merayakan tradisi ini dengan acara dua hari. Lelucon tersebut dimulai dengan “berburu gowk”, ketika orang dikirim untuk tugas palsu (gowk adalah kata untuk burung kukuk, simbol untuk orang bodoh).

Mereka ini akan diikuti oleh Tailie Day, yang melibatkan prank yang dimainkan di pantat orang, seperti menjepit ekor palsu atau tanda “tendang saya”. Sementara itu, masyarakat Yunani percaya jika kita sukses membodohi orang lain di April Mop maka akan mendatangkan keberuntungan sepanjang tahun.

Di bagian negara tersebut, curah hujan pada tanggal 1 April dikatakan memiliki kemampuan penyembuhan sehingga prank selalu dilakukan, bukan hanya demi kesenangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *