4 Cara Meningkatkan Skill Public Speaking untuk Mempersiapkan Presentasi Kerja

profesional. Kemampuan ini memungkinkan kita untuk bisa menyampaikan pesan, ide dan gagasan baru saat presentasi kerja. Oleh sebab itu, skill ini banyak sekali dibutuhkan dalam dunia kerja di bidang apapun.

Meski begitu, masih banyak orang-orang memiliki rasa gugup saat berbicara di depan umum. Hal ini tentu perlu dilatih lagi agar keterampilan public speaking di tempat kerja bisa lebih meningkat. Dilansir melalui LinkedIn, berikut 4 cara meningkatkan kemampuan public speaking untuk mempersiapkan presentasi kerja.

1. Rekam Saat Latihan Presentasi

Selain latihan presentasi, luangkan waktu untuk merekam dan melihat hasil video apakah intonasi suara dan gaya bahasa tubuh saat berpidato sudah baik dan benar. Rekam secara berulang hingga kamu menguasai apa yang disampaikan kepada audiens saat presentasi nanti. Dengan begitu, kamu bisa mengevaluasi kekurangan sebelum tampil presentasi di depan umum.

Baca Juga  Tips Menghindari Tindak KDRT dari Pasanganmu

2. Latihan Pernafasan

Selanjutnya, lakukan latihan pernafasan sebelum presentasi akan dimulai. Cara ini bisa membuat tubuh kamu lebih rileks dan fokus untuk menyampaikan presentasi seperti saat berlatih sebelumnya. Cara ini juga sangat efektif untuk menghindari rasa gugup atau pikiran kosong yang justru bisa membuat presentasi kamu menjadi kacau.

3. Interaksi Lebih Dekat dengan Audiens

Cara meningkatkan keterampilan public speaking juga perlu kamu lakukan saat berpidato langsung di depan audiens. Pastikan kamu berinteraksi secara langsung untuk meningkatkan kedekatan saat berdiskusi. Jangan lupa, ucapkan terima kasih setelah presentasi selesai. Beri apresiasi karena mereka telah meluangkan waktu untuk berdiskusi dan mendengarkan Anda berbicara di depan umum.

Baca Juga  Cocok untuk Sahur, Ini 5 Makanan yang Mengenyangkan Selama Puasa Ramadhan

4. Lakukan Evaluasi Setelah Presentasi Selesai

Setelah presentasi selesai, lakukan evaluasi dengan untuk meningkatkan skill public speaking lebih baik. Minta umpan balik kepada audiens tentang bagaimana keterampilan kamu dalam berbicara di depan umum. Kamu juga bisa melakukan improvisasi agar gaya presentasi kamu lebih baik dari sebelumnya.

Itu dia Orbiters 4 cara meningkatkan public speaking dengan baik saat presentasi di tempat kerja. Dengan meningkatkan keterampilan ini, kamu bisa menguasai berbagai cara untuk mahir berbicara di depan umum. Skill ini sangat memudahkan kamu untuk memiliki karir yang cemerlang.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *