Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia, Bilqis Prasista. Foto: PBSI

Profil Bilqis Prasista, Pebulu Tangkis yang Taklukan Akane Yamaguchi

Berita Orbit, Bogor – Tunggal putri bulu tangkis Indonesia Bilqis Prasista tampil apik saat melawan Akane Yamaguchi (Jepang) pada partai pertama Uber Cup 2022, di Impact Arena, Bangkok, Thailand. Bilqis menang straight game dengan skor 21-19, 21-19.

Kemenangan Bilqis melawan pebulu tangkis nomor 1 dunia Akane Yamaguchi itu menjadi trending di platform twitter. Tidak sedikit masyarakat yang kemudian penasaran dan mencari tau mengenai sosok gadis 18 tahun ini.

Bilqis Prasista
Potret Keluarga Bilqis Prasista

Tidak banyak yang tau ternyata Bilqis Prasista merupakan anak dari pasangan pebulu tangkis legendaris Indonesia.

Bilqis Prasista lahir di Magelang, Jawa Tengah, pada 24 Mei 2003. Pebulu tangkis cantik ini merupakan anak dari pasangan legenda bulu tangkis Indonesia, Joko Suprianto dan Zelin Resiana.

Baca Juga  Mantan Pejabat BPBD Kabupaten Bogor ditetapkan Tersangka Korupsi Dana Bencana

Tidak heran jika kemampuan Bilqis dalam bermain bulu tangkis tidak bisa diremehkan. Bakatnya bermain ternyata sudah mengalir dalam darahnya dari kedua orangtuanya.

Joko Supriyanto sendiri adalah seorang mantan pemain pelatnas di era 90an. Salah satu prestasi tertingginya, yakni menjadi juara dunia 1993 pada cabang tunggal putra.

Sementara sang ibu, Zelin Resiana juga aktif di awal 90an dan bergabung ke dalam tim putri Indonesia yang menjuarai Uber Cup 1994 dan 1996.

Bilqis juga ternyata mempunyai saudara kembar dengan nama yang hampir mirip, yaitu Bilqis Pratista. Keduanya sama-sama bermain bulu tangkis dan bergabung dengan klub PB Djarum pada 2018.

Namun hingga saat ini, baru Bilqis Prasista yang berhasil menembus pelatnas PBSI. Bilqis bergabung dengan PBSI pada 2020. Ia mampu menyita perhatian tim pelatih PBSI usai menjuarai beberapa kompetisi bergengsi.

Baca Juga  Sekitar 14 Hari Lagi, Sambo Dijadwalkan Disidang di Pengadilan

Prestasi Bilqis Prasista

Bilqis pernah menjadi Juara Jakarta Junior International Series 2019 (U17), Juara Tunggal Remaja Putri Djarum Sirnas Sumatera Selatan Open 2019, Juara di Bangladesh Junior International Series 2021, dan Runner up Denmark Junior.

Ia juga pernah memenangkan ajang BATC di Malaysia pada 15-20 Februari 2022 yang membuatnya semakin dikenak di dunia perbulutangkisan.

Kabar terbaru, Bilqis juga menjadi bagian dari tim Indonesia yang berjuang pada Thomas dan Uber Cup 2022 di Thailand. Dalam tiga laga yang dilakoni, ia selalu berhasil menyumbang angka untuk Indonesia.

Itulah profil Bilqis Prasista, atlet bulu tangkis putri Indonesia yang berhasil kalahkan pemain rangking 1 dunia Akane Yamaguchi di Uber Cup 2022.

Baca Juga  Harus Tahu, 5 Tips Memancarkan Inner Beauty

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *