Hilal 1 Ramadhan 1444 H, Ini Lokasi Pemantauan yang Telah Ditentukan Kemenag Jawa Barat

Berita Orbit, BogorKementerian Agama (Kemenag) Jawa Barat akan menggelar pengamatan hilal untuk menentukan 1 Ramadhan 1444 H dalam waktu dekat.

Kabid Urais dan Binsyar Kemenag Jawa Barat Ahmad Patoni menyampaikan bahwa pengamatan hilal ini akan dilaksanakan di pantai Cipatujah, Tasikmalaya. 

Hal tersebut kemudian disampaikan saat melaksanakan upacara di Halaman parkir Timur Kanwil Kemenag Jawa Barat, Bandung pada Senin, 13 Maret 2023.

Ia juga mengatakan bahwa Indonesia sudah memenuhi kriteria Imkanur Rukyat MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura).

Adapun posisi hilal yang dicapai setidaknya mencapai ketinggian 3 derajat dan sudut elongasi 6,4 derajat.

“Insya Allah untuk penetapan 1 Ramadan di Jabar, akan dilaksanakan di Kabupaten Tasikmalaya, tepatnya di Cipatujah, Tasikmalaya Selatan. Untuk tahun ini sekitar 6 derajat baru bisa kita lihat hilalnya,” ujar Ahmad Patoni seperti dikutip melalui Bimas Islam Kemenag pada Selasa, 14 Maret 2023.

Baca Juga  Jaga Kerukunan, Kemenag Morowali Gelar Jalan Santai Moderasi

Ahmad juga memberikan pesan kepada seluruh pegawai Kantor Wilayah Kemenag Jawa Barat untuk mempersiapkan diri jelang Ramadhan. 

Menurutnya, hal ini dikarenakan bulan suci bagi seluruh umat Islam tersebut adalah momentum untuk mendekat pada Sang Pencipta.

“Menjelang bulan Ramadhan, bersihkan hati kita, siapkan hati untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Karena hidup kita hanya sesaat, hanya menunggu giliran waktu kapan Allah memanggil kita,” ucapnya.

“Ramadan menjadi tempat kita untuk membenahi, mempersiapkan, dan terus mendekatkan diri pada Sang Pencipta,” pungkas Ahmad.

Sementara, untuk jadwal sidang isbat penentuan hilal 1 Ramadhan 1444 H akan dilaksanakan pada Rabu, 22 Maret 2023.

Rangkaian pelaksanaan sidang isbat akan dilakukan dengan mengagendakan seminar pemaparan posisi hilal, sidang isbat, dan konferensi pers hasil sidang isbat awal Ramadhan 1444 H.

Baca Juga  Tuai Polemik, Kemenag Buka Peluang Logo Halal Diubah Lagi

Adapun acara ini akan dilakukan oleh Tim Hisab Rukyat Kemenag terbuka untuk umum dan akan dimulai pukul 17.00 WIB.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *