Menteri Sekretaris Negara Pratikno

Ini Jawaban Pratikno Soal Penjabat Gubernur DKI Jakarta Pengganti Anies Baswedan

BERITAORBIT, JAKARTA-Menteri Sekretaris Negara Pratikno

“Oh enggak, belum ada (penjabat DKI Jakarta), belum ada,” katanya dikutip dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu 8 Januari 2022.

Dia mengatakan, penjabat Gubernur yang ditunjuk tak hanya di DKI Jakarta saja. Sejauh ini pemerintah juga belum menentukan para penjabat itu.

“Pj kan banyak di daerah lain juga. Tapi (penunjukan) belum ada sama sekali,” katanya.

Pratikno melanjutkan, prosedur penjabat tersebut melalui Kementerian Dalam Negeri. “Nanti prosesnya juga lewat Kemendagri,” katanya.

Diketahui, ada 101 Kepala Daerah habis masa jabatannya tahun 2022. Kekosongan kepemimpinan pemerintah daerah itu, nantinya bakal diisi oleh penjabat kepala daerah hingga Pemilu serentak digelar tahun 2024.

Baca Juga  Jurnalis Rusia Lelang Medali Hadiah Nobel Perdamaian Bantu Pengungsi Ukraina

Hal ini sebagai konsekuensi tidak diubahnya Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada. Sejumlah jabatan kepala daerah tingkat provinsi, serta kabupaten/kota ‘nganggur’ dua tahun menunggu Pilkada.

UU Pilkada menegaskan, gelaran Pilkada tahun 2022 dan 2023 diundur ke tahun 2024. Selesai lima tahun atau belum lima tahun masa tugas kepala daerah tersebut.

Terdapat 101 kepala daerah masa jabatannya berakhir pada tahun 2022. Rinciannya, 7 gubernur, termasuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, akan habis masa jabatannya. Kemudian, ada 76 bupati dan 18 walikota yang juga habis masa jabatannya tahun ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *