Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah melakukan inspeksi ke terminal tipe A Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Minggu (17/04/2022)

Menhub Budi Karya Sumadi Inspeksi ke Terminal Tipe A Kampung Rambutan

Berita Orbit, Bogor – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah melakukan inspeksi ke terminal tipe A Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Minggu (17/04/2022).

Inspeksi dilakukan untuk memastikan bus yang beroperasi saat mudik lebaran 2022 nanti layak jalan dan tidak memiliki masalah yang dapat menyebabkan perjalanan terganggu.

Sejak 5 April 2022 lalu kepala terminal telah melakukan ramp check terhadap armada bus.

“Saya minta armada bus sudah dilakukan ramp check dan pengemudinya juga sudah diperiksa kesehatannya. Keduanya mesti sehat,” jelas Menhub.

Pada kunjungannya kali ini Menhub menekankan soal kesehatan para pengemudi dan aspek keselamatan selama dalam perjalanan nanti diutamakan. Diprediksi tahun ini ada sekitar 85,5 juta yang melakukan perjalanan mudik dan 45 diantaranya menggunakan moda transportasi darat (mobil, motor dan bus).

Baca Juga  Mulai Hari Ini KAI DAOP II Bandung Mulai Menjual Tiket Kereta Natal-Tahun Baru

Berdasarkan data dari tahun 2019 pemudik tahun ini diprediksi akan mengalami peningkatan sebesar 47% dengan total 14,3 juta orang berangkat dari Jabodetabek. Untuk menghindari antrean perjalanan, pemudik sebaiknya berangkat lebih awal sebelum puncak arus mudik.

“Lakukanlah perjalanan lebih awal sekitar tangal 25-27 April 2022 dan menghindari berangkat di tanggal 28-29 April 2022 yang diprediksi menjadi puncak mudik. Ini dilakukan agar pergerakan lebih tersebar dan mengurangi kepadatan di satu hari tertentu,” tambah Budi.

Menhub mengimbau apabila pemudik melakukan perjalanan yang jauh untuk tidak menggunakan sepeda motor karna sangat membahayakan. Untuk itu masyarakat dapat memanfaatkan program mudik gratis dari pemerintah, BUMN maupun swasta. Pemprov DKI Jakarta telah menyiapkan program mudik gratis, sebanyak 492 bus dan 31 truk untuk mengangkut sepeda motor untuk mengantisipasi lonjakan pemudik di hari-hari mendekati lebaran.

Baca Juga  Kawasan Puncak Diprediksi Ramai Setelah Lebaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *