Mekanisme Rekayasa Lalulintas Pada Puncak Arus Balik Libur Lebaran 2022

Berita Orbit, Bogor –  Kementerian Perhubungan menginformasikan pada pemudik yang hendak kembali melalui jalur darat wilayah Jawa Tengah bahwa dalam rangka mengantisipasi kapasitas tol yang terbatas dan pendeknya periode arus balik maka Jasa Marga dan Polri akan memberlakukan sistem one way.

Indikator pemberlakuan rekayasa lalu lintas di jalan tol dengan melihat debit kendaraan perjam di GT Kalikangkung, GT Palimanan Utama, GT Cikampek Utama dan GT Kahihurip Utama arah Jakarta.

Terdapat tiga indikator pemberlakukan one way di ruas jalan tol antara lain, apabila jumlah kendaraan mencapai 3.500 per jamnya di GT Kalikangkung maka pemberlakuan one way di Jalan Tol Batasng-Semarang sampai Jalan Tol Palimanan-Kanci
Jika jumlah kendaraan yang melintas tol mencapai 4000 perjamnya maka pemberlakuan sistem one way di Jalan Tol Cikopo-Palimanan sampai KM 70 Jalan Tol jakarta-Cikampek.

Baca Juga  Sejak 4 Mei Pergerakan Penumpang Arus Balik Lebaran Terus Meningkat

Dan bila kendaraan mencapai angka 6.200 perjam yang merupakan hasil penambahan lalu lintas GT Kalihurip Utama (arah Bandung) dan GT Cikampek Utama (Arah Trans Jawa) maka pemberlakuan one way di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Salah satu upaya lain dalam mengurai kemacetan yang terjadi diperiode arus balik Kementerian Perhubungan berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi untuk memberikan penambahan masa libur sekolah selama 3 hari yang semula sampai 9 mei 2022 menjadi 12 Mei 2022 khususnya wilayah Jabodetabek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *