Pertamax dan Pertalite

Beda Harga, Ini Perbedaan Kandungan Pertamax dan Pertalite

Berita Orbit, Bogor – Pertamax dan Pertalite merupakan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang sering digunakan sebagai kebutuhan utama kendaraan bermotor. Setiap SPBU menyediakan banyak pilihan bahan bakar diantaranya pertamax dan pertalite. namun keduanya memilki perbedaan.

Selain dari sisi harga ada beberapa perbedaan lain antara Pertamax dan Pertalite:

Pertamax merupakan bahan bakar bensin yang memiliki Research Octane Number (RON) sebesar 92, warnanya kebiruan dan biasanya pertamax digunakan untuk rasio kompresi mesin di kisaran 10:1 hingga 10,9:1. Formula Pertatec yang terkandung pada bensin pertamax merupakan zat tambahan aditif yang dapat membersihkan rimbunan deposit pada ruang pembakaran sedangkan kandungan sulfur sebesar 0,1 persen, timbal 0.013 persen, oksigen 2,72 persen, pewarna 0,13 persen. Pertamax mempunyai tingkat oktan 92 dan kandungan aromatic, olefin, dan benzene di level rendah.

Baca Juga  Besok! Harga Pertamax Naik, Ini Komentar Ahok Soal Harganya   

Pertalite adalah bahan bakar bensin yang memiliki Research Octane Number (RON) sebesar 90, warnanya kehijauan, bensin ini biasanya untuk rasio mesin dengan tingkat kompresi mesin 9:1 hingga 10:1. Kandungan utama yang dimiliki bensin pertalite adalah nafta yakni bahan yang memiliki titik didih antara gasoline dan kerosin dengan RON 65-70. Sedangkan kandungan sulfurnya mencapai angka maksimal 0,05 m/m atau 200 ppm dan tidak memiliki kandungan timbal. Kualitas pertalite berada di bawah pertamax dan di atas premium, dan harganya jauh lebih murah dari pada pertamax yang saat ini menyentuh harga Rp 14-15ribu perliter.

Lihat juga: KRL Tabrak Mobil di Perlintasan Citayam-Depok, Penumpang Dievakuasi

Baca Juga  Jadwal SIM Keliling Kota Bogor Hari Ini, Sabtu 10 September 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *