Akun Twitter Curhat Jadi Korban Penipuan Laki-Laki dari Aplikasi Kencan, Tinder Swindler Indonesia?

Berita Orbit – Kamu pasti tahu Tinder Swindler, kan? Dokumenter rilisan Netflix tentang seorang pria bernama Simon Leviev yang menipu cewek-cewek di Tinder kemudian menguras harta mereka? Diduga modus penipuan ala Tinder Swindler juga ada di Indonesia. Sebuah akun Twitter anonim @malamtanpakata mengaku menjadi korban penipuan seorang pria yang ia temukan di aplikasi kencan.

“HATI-HATI TINDER SWINDLER VERSI INDONESIA

Jadi aku udah bingung banget mau curhat ke mana. Ditipu mentah-mentah sama orang ini.

Ada yang kenalkah? Atau ada yang jadi korban juga? Aku bakalan cerita kronologis lengkapnya di bawah ya”

-@malamtanpakata (15 Maret 2022 pukul 02.16).

@malamtanpakata mengatakan, nama pria itu adalah James Daniel Sinaga (belakangan diketahui itu bukan nama sebenarnya). Sejak pertama kali berkenalan, James sudah mengaku memiliki banyak pabrik, mulai dari pabrik tekstil dan garmen di Bandung dengan 22 ribu karyawan, pabrik alat berat di Tangerang dengan 820 orang karyawan, bisnis properti dengan 50 karyawan, dan franchise sejumlah merk besar total 500 karyawan.

Baca Juga  Mbah Mijan Yakin Eril Segera Ditemukan

Untuk mendukung pengakuannya, James pun tampil dengan berbagai pakaian bermerk. Ia mengaku bisa habis ratusan juta setiap minggu hanya untuk shopping. @malamtanpakata mengaku langsung terpikat sejak pandangan pertama.

“Lakimu itu Powerranger loh, bisa manage semua itu. Jadi wajar lakimu shopping sampai ratusan juta per seminggu sekali,” kata James dalam sebuah chat.

Tak cuma itu, ia bahkan menawari product Apple dari sisa grand opening iBox miliknya. Namun, James hanya meminta @malamtanpakata membayar pajaknya ke James. Terdengar familiar, huh?

“Aku cerita ini supaya enggak banyak orang yang bakal jadi korbannya dan berhati-hati. Dia menjanjikan hidup bersama dan mimpi yang sempurna sekali,” kata dia. “Mungkin salah aku juga yang terlalu clingy dan punya daddy issues sehingga saat cowok kasih affection dan perhatian sedikit, aku sudah menganggap semuanya duniaku.”

Baca Juga  Lawatan Ke Tiga Negara, Presiden Jokowi dan Iriana Sampai Korsel Disambut Dita Karang Secret Number

Setelahnya mangsanya terpikat, barulah James melancarkan aksinya. Dengan alasan bank-nya sedang limit ia meminta bantuan untuk transfer sejumlah uang dan akan diganti begitu bertemu kembali. Meski begitu, @malamtanpakata tidak menuturkan berapa banyak kerugian yang ia terima dari aksi James.

Pasca thread tersebut dibuat, @malamtanpakata mengaku banyak menerima pengakuan dari korban lainnya. Dari tangkapan layar direct message Twitter ada yang mengaku tertipu Rp6 juta – Rp10 juta. Selain itu, ada pula yang kehilangan MacBook setelah dipinjam oleh James. Selain itu, ada pula yang mengaku James pernah hendak meminjam mobilnya. Beruntung, ia tidak mengizinkannya.

Korbannya pun berasal dari banyak kota, mulai dari Bali, Balikpapan, hingga Batam.

Baca Juga  Lin Che Wei Jadi Tersangka Baru di Kasus Ekspor CPO, Ini Perannya

Hingga saat ini masih belum ada konfirmasi dari James Daniel Sinaga dan cerita ini pun masih belum terverifikasi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *